top banner
  I  

Kamis - 23 Januari 2014 06:35:54 WIB

Sosialisasi PAMSIMAS II SULUT: Membangun Komitmen Mendukung PAMSIMAS

Berita
Administrator | dibaca: 50697 pembaca

SOSIALISASI PAMSIMAS II SULUT: MEMBANGUN KOMITMEN MENDUKUNG PAMSIMAS

Provinsi Sulawesi Utara sangat mendukung hadirnya program PAMSIMAS dan berharap tahun-tahun berikutnya tidak terbatas pada Kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Utara saja.

sulut1Manado Awal Januari 2014 lalu, bertempat di Ruang WOC Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, ada Sosialisasi Program PAMSIMAS yang dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, Ketua Komisi III DPRD Provinsi, Kabid Cipta Karya Dinas PU Provinsi, Kabid. PLB dan Dikdas Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Kesehatan, Biro Pembangunan Setda Provinsi, Biro Ekonomi, Dinas Kehutanan, BPM-PD Provinsi, Badan Lingkungan Hidup, unsur Media serta dari SKPD terkait dari kabupaten. Selain itu, hadir pula konsultan provinsi.

Provinsi Sulawesi Utara merupakan provinsi baru yang menjadi lokasi sasaran program PAMSIMAS II. Herman Koessoy, Kabid perencanaan wilayah Bappeda Setdaprov Sulut saat membuka acara menyampaikan dukungannya terhadap masuknya program PAMSIMAS di provinsi Sulawesi Utara.

Namun demikian, ia berharap pada tahun tahun berikutnya dapat memperluas wilayah PAMSIMAS atau pembangunan air minum dan sanitasi, tidak terbatas hanya pada 2 kabupaten saja yaitu Kab Minahasa Selatan dan Minahasa Utara. Tetapi dapat juga masuk pada kabupaten kabupaten lain.

" Pemerintah provinsi siap untuk memberikan dukungan secara penuh termasuk untuk penyiapan dana sharing program serta dukungan dana operasional untuk komponen pelaku PAMSIMAS termasuk PPMU, Pokja AMPL," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Sherpa M yang mengatakan, jika ada program pemberdayaan yang masuk ke Prov Sulawesi Utara termasuk PAMSIMAS, maka haram hukumnya jika pemerintah provinsi dan kabupaten tidak memberikan dukungannya.

"Wajib kita dukung," tandas Sherpa M.

Sosialisasi ini merupakan ajang untuk membangun komitmen bersama, sehingga sangat tepat dan harus cepat melakukan aksi dalam memberdayakan masyarakat melalui program PAMSIMAS II.

Dengan semangat yang kuat dari seluruh komponen pemerintah, diharapkan dapat menjadi semangat bagi semua tim dalam memberikan dukungan yang optimal.

sulut2Dalam sosialisasi tersebut disampaikan beberapa materi oleh narasumber antara lain Kebijakan Nasional tentang percepatan pencapaian target MDGs, khususnya yang terkait dengan Air Minum dan Sanitasi, Pengenalan Program PAMSIMAS 2, Tugas Pokok dan Fungsi masing masing pelaku pelaksana program, membangun komitmen bersama serta kesepakatan untuk pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan pembahasan rencana kerja tindak lanjut.

Puncak dari acara sosialisasi ini dilakukan perumusan dan penyepakatan hasil/komitmen bersama yang difasilitasi oleh Sudirman (Koordinator Provinsi) untuk memberikan dukungan terhadap pelaksanaan PAMSIMAS II di Provinsi Sulawesi Utara.

Isi perumusan tersebut antara lain, dukungan penuh dalam pelaksanaan program PAMSIMAS di Sulawesi Utara, review SK Pokja Sanitasi menjadi Pokja AMPL Provinsi dengan melibatkan semua unsur SKPD terkait, pembentukan PPMU dan DPMU di Kab Minahasa Utara dan Kab Minahasa Selatan, rapat koordinasi rutin yang akan dilaksanakan di tingkat provinsi dan kabupaten, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program PAMSIMAS secara rutin dan berkesinambungan.

Selain itu, penyediaan BOP (Biaya Operasional Pelaksanaan) untuk Pokja AMPL Provinsi dan Kabupaten dan PPMU/DPMU, Tim Satker PKP-AM & Tim Satker PIP untuk mendukung pelaksanaan program PAMSIMAS, penyusunan Rencana Aksi Daerah- Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL), khususnya untuk dua kabupaten tersebut, integrasi program dan kegiatan AMPL dalam RAD ke dalam Perencanaan dan Penganggaran Daerah.

Hasil kesepakatan ini akan ditandatangani Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Dr. S. H. Sarundajang sebagai bentuk komitmen bersama antara pemerintah provinsi, kabupaten serta unsur legislatif dan masyarakat. (Sudirman Koordinator Provinsi Sulawesi Utara;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :