top banner
  I  

HID

About
Administrator |Selasa - 18 Desember 2012 14:10:20 WIB | dibaca: 40855 pembaca

 PROGRAM HID PAMSIMAS

 
2.1 KETENTUAN UMUM
 1) Desa reguler maupun desa replikasi dalam program Pamsimas I (Tahun 2008-2012) mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk ikut berpartisipasi/berkompetisi dalam proses seleksi desa HID.
 2) Setiap desa regular maupun replikasi hanya berhak menerima Hibah Insentif Desa sebanyak satu kali.
 3) Penetapan desa penerima HID dilakukan setelah melalui proses-proses pra seleksi (prakualifikasi), seleksi (penilaian) dan penetapan.
 4) Besar dana BLM HID yang dapat diterima oleh masing-masing kabupaten adalah sebanyak jumlah desa HID yang disetujui dengan alokasi maksimal 200 juta rupiah per desa.
 5) Adapun dana BLM HID ini digunakan untuk membiayai 80% dari nilai Rencana Kerja Masyarakat/RKM HID. Sedangkan 20% nilai RKM merupakan kontribusi masyarakat yang terdiri dari 4 % incash dan 16 % inkind.
 6) Penentuan besar nilai BLM HID per desa oleh Panitia Kemitraan bersama Pokja AMPL, dan dievaluasi oleh PPMU setelah melakukan penelitian kewajaran harga pada usulan RKM HID.
 7) Dana BLM HID digunakan untuk meningkatkan kualitas serta memperluas cakupan layanan air minum dan sanitasi, peningkatan kapasitas pengelola, serta perlindungan lingkungan dan sumber air.
 8) Sebesar maksimal 5% dari dana BLM HID dapat digunakan untuk kegiatan perlindungan daerah tangkapan air (PDTA) sesuai dengan prioritas kegiatan dalam RKM HID.
9) Dana HID tidak diperkenankan penggunaannya untuk:
 
a) Rehabilitasi fisik sarana air minum
 
Kegiatan rehabilitasi fisik sarana air minum tidak diijinkan jika tidak untuk menambah cakupan layanan atau penambahan penerima manfaat. Kegiatan rehabilitasi fisik sarana air minum dapat diijinkan jika dengan rehabilitasi dapat menambah cakupan layanan atau minimal mengembalikan jumlah penerima manfaat pada akses awal.
 
b) Pembangunan dan perbaikan/rehabilitasi sarana sanitasi sekolah dan sanitasi komunal.
 
c) Pembangunan sarana sanitasi rumah tangga (sanitasi individual).
d) Sewa atau pembangunan pos/sekretariat/kantor bagi LKM at