top banner
  I  

Jum'at - 21 Maret 2014 05:50:01 WIB

Mewujudkan KISS Antara PAMSIMAS dengan Perencanaan Pembangunan Daerah Sulut

Berita
Administrator | dibaca: 50646 pembaca

Mewujudkan KISS Antara PAMSIMAS dengan Perencanaan Pembangunan Daerah Sulut

Diharapkan komitmen/dukungan pendanaan APBD sudah dapat terdokumen dalam RKPD Tahun 2015.

Manado - Sejak Januari hingga saat ini pemerintah Provinsi Sulawesi Utara disibukkan dengan suatu agenda yang cukup besar, yaitu pelaksanaan tahapan perencanaan pembangunan daerah, sebagaimana yang telah diamanahkan oleh UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dengan menindaklanjuti Permendagri Nomor 54 Tahun 2010, tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Berawal dari pelaksanaan Musrenbang di tingkat desa dan kabupaten yang telah dilaksanakan oleh masing masing pemerintah kabupaten, maka selanjutnya pemerintah provinsi dalam hal ini difasilitasi oleh BAPPEDA Provinsi Sulawesi Utara, melaksanakan tahapan perencanaan pembangunan daerah, dengan melibatkan unsur pelaku Program PAMSIMAS Provinsi Sulawesi Utara, dalam mengawal dan memastikan serta memberikan dukungan, terhadap perencanaan pembangunan yang berkaitan dengan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL), agar dapat terdokumen dengan baik dalam RKPD Tahun 2015 yang akan diacu dalam penyusunan Renja SKPD.

Hal ini menjadi langkah awal yang baik dalam mengoptimalkan pelaksanaan KISS (Koordinasi Integrasi Sinkronisasi Sinergitas) Program PAMSIMAS dengan Pelaksanaan Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) di daerah, khususnya di Provinsi Sulawesi Utara, dimana unsur pelaku PAMSIMAS Ppovinsi ikut serta dalam pelaksanaan FGD tentang Prioritas dan Sasaran Pembangunan yang dilaksanakan pada 19 dan 20 Februari 2014 lalu.

Selanjutnya ikut mengawal secara bersama dan berperan aktif pada acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPD Tahun 2015, dalam rangka menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal, dengan tujuan menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan, terhadap prioritas dan sasaran pembangunan 2015 yang dilaksanakan pada 14 Maret 2014 kemarin.

Forum ini dibuka secara resmi Sekretaris Provinsi Ir. S.R. Mokodongan, didampingi Direktur Pendanaan Luar Negeri Bilateral Bappenas, Kennedy Simanjuntak dan Kepala Bappeda Provinsi, Ir. Royke O.Roring.

Hadir dalam acara tersebut peserta dari berbagai unsur antara lain seluruh pimpinan SKPD Provinsi, pimpinan DPRD Provinsi, unsur Tim Ahli/Pakar sebanyak 27 orang, unsur LSM/Lembaga Independen, Perkumpulan/Asosiasi, tokoh masyarakat/agama dan unsur lainnya termasuk di dalamnya adalah PAMSIMAS.

Dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2015 ini, kami meminta agar pemerintah provinsi dapat memfasilitasi pemerintah kabupaten, mengupayakan kesiapan/komitmen dalam bentuk dukungan pendanaan APBD untuk sharing program dan mengusulkan penambahan lokasi kabupaten untuk program PAMSIMAS pada tahun 2015. Diharapkan komitmen/dukungan pendanaan APBD sudah dapat terdokumen dalam RKPD Tahun 2015.

Beberapa gambaran hasil pelaksanaan forum ini adalah, keberpihakan Pemprov terhadap kegiatan AMPL yaitu, usulan program prioritas pembangunan 2015 senilai Rp 340 miliar, yang di dalamnya telah mencakup program penyediaan dan pengelolaan air minum. Pencapaian target MDGs di bidang kesehatan senilai Rp 125 miliar, yang di dalamnya telah mencakup program promosi kesehatan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan publik, pencegahan dan penanggulangan penyakit menular dan tidak menular, serta diusulkan pula agar SKPD terkait menambahkan usulan program sanitasi dasar yaitu jamban.

Kegiatan selanjutnya yang akan dikawal adalah Pelaksanaan Forum SKPD dan Musrenbang Provinsi.(PAMSIMAS Provinsi Sulawesi Utara). (Sudirman Koorprov Sulut,Maluku, Maluku Utara;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :