top banner
  I  

Jum'at - 28 Maret 2014 09:26:48 WIB

Rekonsiliasi Tindak Lanjut Laporan Audit BPKP: Menuntaskan Hutang yang Tersisa

Berita
Administrator | dibaca: 50673 pembaca

Rekonsiliasi Tindak Lanjut Laporan Audit BPKP: Menuntaskan Hutang yang Tersisa

 

  Untuk itu semua temuan yang tersisa dari Program PAMSIMAS I sudah harus diselesaikan paling lambat Agustus 2014.

 

Makassar - Untuk meningkatan pemahaman audit yang akan dilakukan baik oleh auditee maupun auditor serta Monitoring dan percepatan tindak lanjut laporan BPKP maka pada 25 28 Maret 2014, diselenggarakan Workshop Pedoman Audit untuk Program PAMSIMAS dan Rekonsiliasi Tindak Lanjut Laporan Audit BPKP Tahun 2014.

rekonsiliasi 1

Tahun 2013 merupakan tahun terakhir pelaksanaan Program PAMSIMAS I, sementara masih banyak temuan BPKP yang belum ditindaklanjuti. Temuan tersebut harus ditindaklanjuti untuk dapat dinyatakan tuntas, sedangkan  yang dapat menyatakan status tuntas (03) atas temuan hasil audit BPKP adalah BPKP.

Untuk itu perlu dilakukan Rekonsiliasi Tindak Lanjut Laporan Hasil Audit BPKP. Di samping itu, untuk meningkatkan pemahaman auditee dan auditor atas audit yang akan dilaksanakan pada 2014, terutama adanya beberapa perbedaan dalam pelaksanaan PAMSIMAS II, maka perlu dilakukan Workshop Pedoman Audit BPKP untuk Program PAMSIMAS.

rekonsiliasi 2

Melalui forum workshop pedoman audit untuk Program PAMSIMAS ini diharapkan ada pemahaman yang sama terkait dengan pelaksanaan audit oleh auditee maupun auditor untuk Program PAMSIMAS II.

Tujuan Workshop itu sendiri adalah monitoring dan percepatan tindak lanjut laporan BPKP, kesepakatan tindak lanjut atas temuan yang belum ditindaklanjuti, dan kesepakatan tindak lanjut atas temuan yang tidak bisa ditindaklanjuti, dikarenakan kurang jelas rekomendasinya, baik apa yang harus dilakukan maupun siapa yang harus melakukan.

Acara yang diselenggarakan di Makassar ini, diperuntukkan untuk region timur meliputi: Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur.  

Ketua CPMU PAMSIMAS, Agus Ahyar yang membuka resmi menyampaikan bahwa, audit keuangan dan audit kinerja Program PAMSIMAS ini adalah, untuk memastikan bahwa setiap anggaran yang ada, digunakan sesuai dengan peruntukannya, dan dilaporkan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Di samping itu, Agus Ahyar juga menegaskan bahwa pelaksanaan audit oleh BPKP bertujuan untuk memastikan bahwa output dan outcome telah tercapai sesuai dengan yang telah direncan

Masih ada hutang temuan yang harus dituntaskan yaitu total sebanyak 226 temuan dengan nilai sebesar Rp 1,787,849,678,- , ungkapnya.

Agus menegaskan walaupun jumlahnya relatif kecil jika dibanding dengan nilai program PAMSIMAS secara keseluruhan, tetapi yang namanya hutang tetap harus dituntaskan. Ia juga menyatakan bahwa kegiatan rekonsiliasi ini dilakukan setiap tahun yang bertujuan untuk membantu menuntaskan hutang-hutang temuan audit.

Tahun 2014 merupakan  tahun terakhir PAMSIMAS I, dimana Loan Agreement  akan berakhir di 2014 ini. Untuk itu semua temuan yang tersisa dari Program PAMSIMAS I, sudah harus diselesaikan paling lambat Agustus 2014, tegas Agus dihadapan peserta dari Perwakilan BPKP Provinsi, Satker PKPAM Provinsi, Dinas Kesehatan Provinsi, dan Satker PIP Kabupaten.

Agus juga menyampaikan harapannya agar Program PAMSIMAS II dapat berjalan lebih baik lagi sehingga jumlah temuan BPKP semakin kecil dan semakin tidak signifikan dengan besaran program baik dari sisi nilai maupun cakupan wilayah.

Workshop yang diselenggarakan selama 4 hari ini, diikuti oleh 63 peserta.fasilitator dan narasumber dalam acara ini adalah CPMU, BPKP Pusat dan CMAC.  Sementara metode workshop ini adalah paparan/penjelasan program PAMSIMAS, penjelasan pedoman audit laporan keuangan dan audit kinerja program PAMSIMAS, serta tanya jawab. Sedangkan metode workshop rekonsiliasi adalah, desk antara BPKP Perwakilan dengan satker provinsi dan kab/kota. (Irfan-CHS CMAC; Rita)

 


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :