top banner
  I  

Rabu - 14 Mei 2014 02:42:15 WIB

Delapan Desa untuk Kab Kerinci

Berita
Administrator | dibaca: 50758 pembaca

Delapan Desa untuk Kab Kerinci

 

Kabupaten Kerinci adalah kabupaten di wilayah Povinsi Jambi yang mendapatkan banyak program pemberdayaan masyarakat, salah satunya adalah Program PAMSIMAS II.

delapan desa 1Kerinci - Kab Kerinci untuk tahun 2014 mendapatkan 6 desa untuk sumber dana APBN dan 2 desa untuk sumber dana APBD.

Kegiatan perencanaan pada tingkat desa sekarang prosesnya sudah pada tahapan pembuatan Dokumen PJM Proaksi.

Bupati Kerinci, yang diwakili Zainal Abidin, SH, MM Wakil Bupati Kerinci Prov. Jambi memuji kegiatan PAMSIMAS yang dijalankan oleh Tim Kabupaten seperti DPMU, Pakem, Satker dan District Coordinator bersama timnya, terutama proses pada tingkat desa. Karena proses perencanaan pada tingkat desa berjalan dengan baik. Ke depan bupati berharap Kab Kerinci menjadi yang terdepan dalam program PAMSIMAS.

" Tidak ada istilah program pemberdayaan seperti PAMSIMAS tidak berhasil dalam kegiatannya, apalagi konsep program PAMSIMAS sangat berbeda dibandingkan dengan program pemberdayaan selama ini, air dan sanitasi itu hanya alat untuk mencapai tujuan yaitu akan terjadi rekruitment orang-orang atau tokoh masyarakat yang baik yang akan merubah pola pikir masyarakat," jelas bupati.

Bagi Bupati tidak perlu Asal Bapak Senang (ABS), tetapi perlu kinerja yang baik yang dibuktikan dengan kinerja di lapangan. Bupati juga menghimbau SKPD terkait, untuk lebih bergiat dan mendorong semua kegiatan PAMSIMAS dapat berjalan dengan baik.

" Kapan perlu kita harus menjadi contoh untuk tingkat provinsi bahkan tingkat nasional, apalagi Kab Kerinci ini pimpinan daerahnya baru," tutur bupati.

Khusus kepada Dinas Pekerajaan Umum dan Bappeda serta instansi terkait, bupati menginstruksikan supaya mendukung sepenuhnya, agar kegiatan berjalan dengan baik, termasuk dukungan penganggaran. Begitu mendapat informasi dari Panitia Kemitraan bahwa dalam waktu dekat ini akan diadakan Sosialisasi dan Workshop RAD AMPL, bupati meminta pada SKPD terkait memfasilitasi dengan optimal, sehingga kegiatan dimaksud dapat berjalan dengan baik dan nantinya laporan kegiatannya disampaikan langsung kepada Bupati.

delapan desa 2Setelah mendengar ekspose langsung dari Provincial Coordinator Bengkulu & Jambi, Robert Irwan Natakusuma, yang didampingi FMS Sri Desi Altriyanti, dan QAS Febri Fauza, tentang proses kegiatan Program PAMSIMAS II di Kab Kerinci, meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan pasca program yang menekankan pada keberlanjutan kegiatan, sekali lagi bupati meminta SKPD terkait, untuk lebih serius mengawal program ini, karena semua kegiatan banyak bergulir pada tingkat masyarakat.

Bupati mengapresiasi tim kabupaten yang bekerja sungguh-sungguh dan juga memuji pemerintah pusat dan pemerintah provinsi yang selalu memperhatikan Kab Kerinci untuk program pemberdayaan utamanya Program PAMSIMAS.

Terkait dengan proses penyiapan desa pada tahun berikutnya, dimana prosesnya sudah harus dimulai pada tahun ini juga, bupati meminta untuk tahapan awalnya seperti sosialiasi kab ingin , sehingga proses pemilihan desa tahun ini dan meminta kepada PAKEM untuk menseleksi desa yang sangat membutuhkan/skala prioritas pada desa desa yang belum ada dan rawan air dan sanitasi, serta mempedomani RPJM desa yang sudah ada yang dihimpun dari hasil Musrenbang Reguler.

Rapat yang berlangsung pada pertengahan April lalu dihadiri oleh Dinas Pekerjaan Umum, Bappeda, PC, QAS ,FMS, DC, calon FM dan beberapa anggota Pakem. Untuk desa-desa sasaran tahun 2014 adalah Desa Sungai Langkap Kecamatan Siulak Mukai, Mukai Pintu Kecamatan Siulak Mukai, Sungai jambu Kecamatan Kayu Aro, Sungai Dalam Kecamatan Kayu Aro, Baru sungai Abu Kecamatan Air Hangat Timur, Baru Semerah Kecamatan Sitinjau laut, Kebun Lima Kecamatan Gunung Raya, dan Pauh Tinggi Kecamatan gunung Tujuh. (Tim Provinsi Bengkulu dan Jambi;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :