top banner
  I  

Kamis - 22 Mei 2014 06:46:41 WIB

Jorong Guguak Tinggi Berhasil Mengembangkan Program PAMSIMAS

Berita
Administrator | dibaca: 50749 pembaca

Jorong Guguak Tinggi Berhasil Mengembangkan Program PAMSIMAS

 

images 1Agam - Program PAMSIMAS merupakan program Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum yang berkualitas dan sanitasi yang layak (khususnya jamban sehat) yang berbasis masyarakat dalam rangka pencapaian tujuan MDGs.

Jorong Guguak Tinggi terletak di Nagari Tabek Sarojo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Kondisi awal sebelum program PAMSIMAS masuk, masyarakat sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Satu satunya sumber air bersih yang dipakai masyarakat selama ini adalah air tadah hujan. Begitu juga dengan keadaan sanitasi khususnya rumah yang ada jamban/WC, dari 391 rumah yang ada baru 271 rumah (69.31%) yang memiliki jamban yang memenuhi syarat.

Kemudian pada 2013 program PAMSIMAS masuk ke jorong ini. Dana yang dikucurkan ke jorong ini totalnya sebanyak Rp 530 juta dengan perincian sumber dana Rp 424 juta berasal dari APBN, Rp 21 juta dana In-Cash masyarakat dan Rp 84.400.000.- dana In-Kind (berupa partisipasi gotong royong). Kemudian juga terkumpul dana dari masyarakat dan perantau sebanyak Rp 300 juta yang digunakan untuk pembelian pompa, meteran dan pipa agar air bisa masuk sampai kerumah rumah.

Kini masyarakat sudah bisa menikmati air bersih sampai kerumah, Dimana sampai kondisi sekarang, sudah ada sambungan rumah di 160 rumah, semuanya sudah pakai meteran. Kemudian juga, terdapat beberapa kran umum yang bisa dimanfaatkan masyarkat yang belum memasukkan air ke rumah. Rencananya kran umum ini nantinya akan dimatikan dan diharapkan semua masyarakat dapat memasukkan air kerumah masing masing.

Pengelolaan Program PAMSIMAS ini untuk keberlanjutannya sudah bagus, sudah terbentuk BP SPAM (Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum). Badan inilah yang bertanggung jawab untuk keberlanjutan program. Tugas badan ini adalah memungut iuran bulanan, memperbaiki jaringan yang rusak dan mengembangkan program ini sehingga semua rumah atau KK bisa menikmati air bersih sampai ke rumah.ibaratnya sudah terbentuk pengelolaan PAM mini di jorong.

Yang patut kita banggakan dari jorong ini adalah komitmen dari pengurus BP SPAM dan masyarkat. Masyarakat yang akan menggunakan sambungan rumah, wajib membangun jamban/WC terlebih dahulu. Apabila Jamban sudah siap baru air akan dialiri ke rumah tersebut. Sehingganya dari 160 rumah yang sudah memasukkan air, semuanya sudah ada jamban yang sehat.

Kemudian juga dengan metoda CLTS semakin banyak masyarakat yang terpicu untuk membangun jamban. Kondisi sekarang di Jorong Guguak Tinggi, rumah yang memiliki jamban sudah mencapai 95%. (dinkes.agamkab.go.id)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :