top banner
  I  

Selasa - 10 Juni 2014 04:03:40 WIB

Lokalatih, Bekal Bagi Pengelola Program

Berita
Administrator | dibaca: 50706 pembaca

Lokalatih, Bekal Bagi Pengelola Program

 

Lokalatih ini memberi pembekalan para satker PKPAM Provinsi dan Satker PIP Kabupaten/Kota sehingga pelaksanaan Program PAMSIMAS di kab/kota sasaran dapat berjalan dengan baik, tepat waktu dan tepat mutu.

lokalatih 1Makassar Lokalatih Bagi Pengelola Program Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota Lokasi Baru Program PAMSIMAS II Tahun Anggaran 2014 dilaksanakan pada 2 6 Juni 2014 di Hotel Sahid Jaya, Makassar, Sulawesi Selatan, diharapkan dapat memberikan bekal kepada seluruh peserta yang terdiri dari pengelola pengelola program baik di tingkat Provinsi maupun kab/kota, khususnya pada 36 kabupaten yang tersebar di 17 provinsi.

Dwiatma Singgih, ST selaku PPK Pembinaan PAMSIMAS Pusat, menyampaikan untuk tahun anggaran 2014 kondisi di lapangan sampai saat ini, masih banyak desa dalam proses penyusunan PJM ProAksi dan RKM.

Untuk itu peran Satker PIP Kabupaten/Kota dan DPMU sebagai pengelola program pada saat sekarang ini adalah memantau proses penyusunan RKM, serta memberikan dukungan kepada KKM agar RKM disusun tepat waktu, tepat mutu dan tepat sararan, sehingga RKM memenuhi prinsip kewajaran harga dan kelayakan perencanaan sesuai dengan kaidah teknis.

Setelah proses evaluasi RKM yang dilaksanakan oleh Pakem, diharapkan dukungan Satker PIP kab/kota untuk segera memproses administrasi, terkait dengan penandatanganan SPPB dilanjutkan dengan proses pencairan termyn.

lokasibaru2Dengan demikian proses kegiatan RKM dapat dilaksanakan oleh masyarakat, dan masyarakat dapat memperoleh akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat

Ditegaskan pula bahwa.sebagai program pemberdayaan, PAMSIMAS berorientasi pada pembangunan manusianya, dimana pembangunan sarana air minum dan sanitasi merupakan indikator keberhasilan program PAMSIMAS sebagai program pemberdayaan.

" Di samping keberhasilan dalam menjamin keberlanjutannya, dimana masyarakat harus melaksanakan pemeliharaan, mengoperasionalkan serta mengembangkan sarana dengan melaksanakan iuran sesuai dengan biaya operasional, pemeliharaan serta biaya pemulihan dan pengembangan," tutur Singgih.

Untuk itu proses pendampingan secara terus menerus, mutlak dilaksanakan dengan penuh ketekunan dan kesabaran, baik oleh para fasilitator, konsultan juga oleh seluruh pelaku program PAMSIMAS, termasuk para satker PKPAM Provinsi dan Satker PIP kab/kota.

Akhirnya diharapkan dengan melalui kegiatan lokalatih ini dapat memberi pembekalan para peserta sehingga pelaksanaan program PAMSIMAS di kab/kota sasaran dapat berjalan dengan baik, tepat waktu dan tepat mutu.

Sementara dalam laporannya ketua panitia, yang disampaikan Sugeng Trihandoko, Koordinator TDS Program PAMSIMAS, acara lokalatih ini bertujuan memberikan pembekalan kepada peserta tentang konsep, dan mekanisme program PAMSIMAS II, pembekalan tentang mekanisme pengelolaan, pelaksanaan dan pemantauan program PAMSIMAS II dan meningkatkan kapasitas dalam melakukan pengelolaan dan pengendalian, terhadap pelaksanaan program PAMSIMAS II di tingkat provinsi dan kab/kota, sesuai pedoman umum dan petunjuk teknis Program PAMSIMAS dan ketentuan yang berlaku.

lokalatih 3Kegiatan lokalatih ini diikuti oleh 48 orang peserta dari undangan 56 orang peserta yang berasal dari 36 kab/kota yang tersebar di 17 provinsi.

Pemandu lokalatih sebanyak 8 orang tenaga konsultan dari ROMS 3, 6, dan 7 dan dibantu oleh 4 orang tenaga konsultan dari CMAC dan 4 orang TDS, dengan narasumber dari CPMU PAMSIMAS dan Satker Pembinaan PAMSIMAS, Ditjen Cipta Karya Kementeriaan Pekerjaan Umum.

Proses pembelajaran dilakukan dengan berbagai metode pembelajaran, dengan pendekatan andragogi, dimana peserta menjadi pelaku utama dalam rangka mencapai tujuan kegiatan pelatihan. Antara lain ceramah, curah pendapat, simulasi, diskusi kelompok, diskusi pleno, penugasan dan kunjungan lapangan.

Untuk kunjungan lapangan dilaksanakan pada hari ke 4 ke lokasi program PAMSIMAS di Kota Makassar dan Kab Maros. Di Makassar peserta mengunjungi Kelurahan Kapasa dan Kelurahan Sudiyang Raya. Kedua kelurahan tersebut merupakan lokasi PAMSIMAS I yang sudah memasuki pasca program.

Sementara untuk Kab Maros, peserta mengunjungi Desa Tanete dan Desa Leang Leang, lokasi program PAMSIMAS II tahun 2014 sehingga saat ini masih dalam proses perencanaan. (Poppy Harsutiani WSSE CMAC;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :