top banner
  I  

Senin - 23 Juni 2014 05:08:08 WIB

Masyarakat Purwodadi Sangat Bergantung pada PAMSIMAS

Berita
Administrator | dibaca: 50675 pembaca

Masyarakat Purwodadi Sangat Bergantung pada PAMSIMAS

 

Program PAMSIMAS I memiliki peranan penting dalam menopang sumber pokok kehidupan masyarakat.

masyarakat purwodadi 1Purwodadi - Program PAMSIMAS I yang saat ini sudah dirasakan masyarakat, kini memiliki peranan penting dalam menopang sumber pokok kehidupan masyarakat. di samping kualitas airnya bersih, juga iuran bulanannya sangat murah bila dibanding dengan pemakaian jetpump biasa.

Sumber air baku yang digunakan pada program ini adalah jenis sumur bor dengan kapsitas air 225 liter perdetik yang dimanfaatkan 496 KK atau kurang lebih 1800 jiwa. Selain memanfaatkan air layak minum ini untuk konsumsi sehari-hari, air PAMSIMAS juga dimanfaatkan warga untuk usaha sebagai tambahan pendapatan untuk keluarga.

Warga membuka usaha depot isi ulang yang sangat sederhana dengan menggunakan sumber air dari PAMSIMAS, sehingga pengaruh dari program PAMSIMAS ini sangat besar dalam kehidupan warga.

masyarakat purwodadi 2Mengingat air adalah menjadi kebutuhan yang sangat pokok dalam kehidupan maka sangat diharapkan kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan masalah air, agar setiap ada permasalahan teknis dalam program ini selalu ada pendampingan dari pemerintah daerah.

Selain usaha depot isi ulang air minum, masyarakat juga memanfaatkan air PAMSIMAS untuk usaha pembibitan kelapa sawit. Seperti kita ketahui, kelapa sawit memerlukan air yang cukup banyak pada masa pertumbuhannya sejak dari penyemaian hingga waktu tanam.

Usaha pembibitan kelapa sawit ini dikelola oleh kelompok Karang Taruna Desa Purwodadi Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Dari hasil usaha tersebut, sebagian dimasukkan dalam kas BP SPAMS desa. (Mawardi - Asosiasi BP SPAMS Tirta Lestari Tanah Bumbu;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :