top banner
  I  

Kamis - 17 Juli 2014 05:52:34 WIB

Fasilitator Masyarakat HID Harus Mumpuni dalam Pendampingan di Masyarakat

Berita
Administrator | dibaca: 50807 pembaca

Fasilitator Masyarakat HID Harus Mumpuni dalam Pendampingan di Masyarakat

 

Seorang fasilitator dituntut komitmennya untuk melaksanakan tugasnya dengan sepenuh hati, penuh integritas dan dedikasi karena fasilitator akan menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

pelatihan fm hid 1Semarang Pelatihan fasilitator yang dilaksanakan pada 15 hingga 19 Juli 2014, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan fasilitator untuk memfasilitasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan HID sesuai dengan tugas dan fungsinya dan meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan fasilitator untuk melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan kegiatan HID.

Fasilitator juga diharapkan mumpuni dalam bekerja secara efektif, tepat waktu dan tepat mutu dan dapat bekerja dalam tim terutama dengan fasilitator keberlanjutan.

Dwiatma Singgih R.S, ST selaku PPK Pembinaan Teknis PAMSIMAS Pusat, pada pembukaan Pelatihan Fasilitator Masyarakat Hibah Insentif Desa (FM-HID) Program PAMSIMAS II TA 2014 di Hotel Grasia Semarang mengatakan, fasilitator HID tidak hanya dituntut untuk menguasai program, tetapi juga harus terampil memfasilitasi setiap kegiatan masyarakat, dalam perencanaan dan pelaksanaan program serta harus mampu melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap masyarakat dalam membangun sarana air minum dan pencapaian SBS.


" Seorang fasilitator dituntut komitmennya untuk melaksanakan tugasnya dengan sepenuh hati, penuh integritas dan dedikasi. Karena fasilitator akan menjadi suri tauladan bagi masyarakat," tutur Singgih

pelatihan fm hid2 2Singgih juga mengatakan bahwa kinerja para fasilitator masyarakat ditunjukkan dengan peran serta dan hasil kerja masyarakat. Hasil kerja masyarakat antara lain ditunjukkan dari kualitas proses dan hasil perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan masyarakat.

" Hal tersebut terukur dari kualitas Perencanaan Jangka Menengah Program Air Minum dan Sanitasi (PJM ProAKSi) yang haruslah direview, Rencana Kerja Masyarakat (RKM) yang disusun, ketepatan waktu pelaksanaan program, dan kualitas konstruksi sarana air minum yang dikembangkan," sambungnya.

Diantara semua itu pungkas Singgih, yang lebih penting adalah keberlanjutan program seperti adanya Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP SPAMS) yang telah dibentuk dan melaksanakan tugasnya dengan baik.
Kinerja BP SPAMS yang baik antara lain dengan adanya rencana dan pelaksanaan kegiatan yang baik, seperti adanya iuran untuk operasional, pemeliharaan, pengembangan dan biaya pemulihan SPAMS yang mencukupi, serta pengumpulan iuran yang teratur setiap bulan. Terlebih dari itu pengembangan sarana air minum dan sanitasi terus ditingkatkan demi peningkatan jumlah akses masyarakat terhadap air minum dan sanitasi.

pelatihan fm hid2 3Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari ini mengundang peserta sebanyak 101 orang dari 8 provinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Selatang, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Pelatihan ini dipandu oleh pemandu nasional dari tenaga ahli ROMS 1, ROMS 3 dan ROMS 4, serta 1 (satu) orang konsultan dari CMAC PAMSIMAS dan 2 (dua) orang konsultan dari TDS PAMSIMAS.

Materi pelatihan yang dipelajari pada pelatihan ini meliputi paradigma pembangunan manusia, konsep pemberdayaan sejati, mengenal Program HID dalam PAMSIMAS II, proses perencanaan kegiatan HID, fasilitasi persiapan pelaksanaan kegiatan HID, fasilitasi implementasi kegiatan HID dan pemantauan pelaksanaan kegiatan HID

Selama kegiatan pelatihan berlangsung peserta akan diamati dan dievaluasi penguasaan materinya, kemampuan fasilitasinya, kemampuan komunikasinya, kemampuan kerjasamanya, kreativitasnya dan kedisiplinannya. Dan dalam pelaksanaannya seorang fasilitator masyarakat HID akan mendampingi 2 sampai dengan 3 desa.

Sementara itu, Leo Sapto Adji W, ST mewakili PK-PAM Jawa Tengah berharap, output dari pelaksanaan pelatihan ini tersedia tenaga fasilitator masyarakat HID yang siap melaksanakan tugas pada program PAMSIMAS II TA 2014, khususnya untuk desa-desa HID di 8 provinsi ini, untuk mendampingi sekitar 226 desa HID PAMSIMAS tahun anggaran 2014. (Poppy Harsutiani WSSE CMAC;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :