top banner
  I  

Selasa - 16 September 2014 07:00:08 WIB

Penguatan BP SPAMS Menyusun Strategi untuk Menjamin Keberlanjutan Program

Berita
Administrator | dibaca: 51282 pembaca

Penguatan BP SPAMS Menyusun Strategi untuk Menjamin Keberlanjutan Program

 

Melalui fasilitasi penguatan badan pengelola sistem air minum dan sanitasi (BP SPAMS) diharapkan dapat menyusun strategi untuk menjamin keberlanjutan program PAMSIMAS di daerah.

 

penguatan bpspams menyusun 1Lahat - Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan telah melaksanakan penguatan BP SPAMS yang didanai dari APBD provinsi melalui BPMPD Provinsi.

Wakil Ketua PPMU, Jalo Pardede,SE. Akt sebagai narasumber telah memberikan materi berkaitan dengan kemitraan asosiasi. Diharapkan peserta nantinya mengerti peran dan fungsi asosiasi bagi BP SPAMS.

Terobosan asosiasi ke depannya melalui kemitraan akan menjadikan asosiasi sebuah lembaga yang mandiri.

Selain itu, Drs. Henri Mukadum, MM Kasi Pemberdayaan dari BPMP desa Kab Lahat, juga turut memberikan materi terkait dengan fasilitasi penguatan BP SPAMS.

penguatan bpspams menyusun 2Penguatan BP SPAMS yang dilaksanakan pada akhir Agustus 2014 lalu di Kecamatan Jarai ini juga dihadiri oleh Aminudin selaku ketua asosiasi Kab Lahat yang juga wakil asosiasi pusat.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan sangat positif dari peserta selaku pengurus BP SPAMS sebagai forum berbagi pendapat dan motivasi.

Dari hasil paparan, peserta termotivasi untuk berlomba-lomba mendapatkan Paket HID sebagai upaya optimalisasi desanya.

Peserta yang semuanya adalah anggota BP SPAMS dari Kecamatan Jarai, Suka Merindu, Pajar Bulan dan Muara Payang, sangat berharap sekali di tahun depan dilakukan penguatan BP SPAMS kembali, mereka termotivasi dan mendapatkan pencerahan dari kegiatan ini serta adanya berbagi pengalaman dalam menjalankan tugasnya sebagai pengurus BP SPAMS di desanya.

penguatan bpspams menyusun 3BP MPD Provinsi melalui Nahnu M.Zen,S.Sos,M.Si mengatakan, tahun 2015 BPMPD merencanakan penguatan BP SPAMS melalui dana APBD Provinsi yang telah diusulkan untuk sepuluh sepuluh Kabupaten lokasi PAMSIMAS Provinsi Sumatera Selatan.

Sumbangsih BPMPD untuk Penguatan BP SPAMS telah dirasakan bagi pengurus BP SPAMS walaupun pelaksanaannya masih dengan sistem pengelompokkan lokasi.

BPMPD provinsi berharap sampai tahun 2019, kegiatan ini dapat menangani semua BP SPAMS yang ada di sepuluh Kabupaten PAMSIMAS Provinsi Sumatera Selatan.

Dari penguatan ini, harapannya pengurus BPSPAMS dapat bekerja lebih giat lagi, sehingga bisa berfungsi maksimal. (Wiharnastiyono - LGS ROMS 2;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :