top banner
  I  

Kamis - 23 Oktober 2014 01:45:32 WIB

Pelatihan Monev STBM Berbasis Web Sumut Sukses

Berita
Administrator | dibaca: 50719 pembaca

Pelatihan Monev STBM Berbasis Web Sumut Sukses

 

Telah dikembangkan teknologi pada website stbm-indonesia.org dan perkembangan data akses sanitasi bisa dilihat secara update

 

pelatihan monev 1Medan - Siang itu, Rabu 15 Oktober 2014 lalu, Hotel Hermes Medan diramaikan oleh peserta pelatihan Monev STBM berbasis Web dan SMS. Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Dr.rr.Siti Hatati Surjantini,M.Kes itu diikuti perwakilan dari 29 Dinas Kesehatan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara termasuk 4kKabupaten penerima Program PAMSIMAS- II.

Pada kesempatan pembukaan, Kepala Dinas Siti Hatati mengatakan, bahwa dalam era globalisasi saat ini, kebutuhan akan teknologi semakin meningkat, demikian juga halnya dalam kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

"Saat ini telah dikembangkan teknologi pada website stbm-indonesia.org dan perkembangan data akses sanitasi bisa dilihat secara update," ucap Kadis antusias.

Kegiatan pelatihan yang difasilitasi oleh Ronie Prasetyo (WSP-World Bank) dan Rus Ardhianto dari Sekretariat Nasional STBM dibantu oleh Wiendra Perdana, SKM selaku Korprov STBM Sumut ini diharapkan kapasitas SDM khususnya dinkes menjadi meningkat.

pelatihan monev 2Pada pelaksanaannya, kegiatan ini diawali review template baseline data yang dibawa oleh para peserta kemudian selanjutnya dilakukan registrasi akun masing-masing kabupaten pada website.

Para peserta mulai memasukan nama petugas monitoring Puskesmas serta data baseline pada website. Pada sesi ini terlihat, bahwa sangat dibutuhkan ketrampilan petugas dinkes kabupaten, agar data yang masuk, tidak anomali.

Para peserta juga sangat termotivasi dengan dukungan Linda Christina Bangun,M.Kes, staff PL Dinkes Provinsi Sumatera Utara dalam setiap sesi yang dijalani.

Salah seorang peserta dari Dinkes Kabupaten Padang Lawas Utara, Emi Sari Pohan,M.Kes menyampaikan bahwa pelatihan kali ini sangat berbeda dengan pelatihan yang pernah diikuti, karena menuntut ketrampilan teknis dan penguasaan data.

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari ini ditutup oleh Kasie Bindal Kesling Dinkes Provinsi Sumatera Utara, Hery Valona .B Ambarita,S.Kp,M.Kes. Pada kesempatan itu Hery Valona menyatakan, data monev merupakan sumber acuan untuk perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan terutama untuk STBM.

" Jadikanlah pelatihan ini sebagai bekal untuk disampaikan dan dicoaching kepada sanitarian di wilayah kerjanya masing-masing," pungkasnya. (Wiendra Perdana -Korprov STBM Sumatera Utara;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :