top banner
  I  

Senin - 24 November 2014 04:21:02 WIB

Lokalatih Penyusunan RAD-AMPL Kab/Kota Regional I Program PAMSIMAS II

Berita
Administrator | dibaca: 50675 pembaca

Lokalatih Penyusunan RAD-AMPL Kab/Kota Regional I Program PAMSIMAS II

 

Pemerintah kab/kota perlu memiliki kebijakan, strategi, program, kegiatan dan investasi agar penyelenggaraan SPAM dapat memenuhi target Standard Pelayanan Minimal serta dapat mencapai target RPJMN tahun 2019.

 

lokalatih penyusunan 1Bandung - Rencana Aksi Daerah bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL) adalah rencana daerah dalam penyediaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan untuk Periode 5 tahun.

RAD-AMPL Kabupaten/Kota Tahun 2015 2019 merupakan dokumen daerah yang berfungsi sebagai Rencana pengembangan kapasitas pelayanan air minum dan sanitasi yang menerapkan pendekatan berbasis masyarakat (PAMSIMAS) dan pendekatan kelembagaan serta merupakan instrumen pengembangan pelayanan air minum dan sanitasi jangka menengah daerah 2015 2019.

Dalam rangka peningkatan kapasitas pemerintah daerah dalam menyusun RAD-AMPL tersebut, maka Dirjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri mengadakan Lokalatih Penyusunan RAD-AMPL Kabupaten/Kota Regional I Program PAMSIMAS II Tahun 2014, yang dilaksanakan pada 17 20 November 2014 bertempat di Garden Permata Hotel Bandung.

Acara ini diikuti oleh 16 provinsi, 66 kab/kota di wilayah regional I. Setiap kab/kota diikuti SKPD selaku tim penyusun RAD-AMPL yang terdiri unsur Bappeda, Dinas PU, Dinas Kesehatan, BPMD/PDAM masing-masing 1 orang ditambah koordinataor kabupaten/DC ROMS.

lokalatih penyusunan 2Acara lokalatih dibuka secara resmi oleh Direktur Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Dirjen Bina Bangda Kementrian Dalam Negeri, Edi Sugiharto. Dalam sambutan dan arahannya, Edi Sugiharto menyampaikan bahwa penyelenggaraan pengembangan Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) yang berada di wilayah kab/kota merupakan wewenang dan tanggung jawab pemerintah kab/kota.

lokalatih penyusunan 3" Pemerintah kab/kota perlu memiliki kebijakan, strategi, program, kegiatan dan investasi agar penyelenggaraan SPAM dapat memenuhi target Standard Pelayanan Minimal serta dapat mencapai target RPJMN tahun 2019," tuturnya

Lebih lanjut Edi Sugiharto menyampaikan bahwa pemerintah pusat melalui program PAMSIMAS bermaksud membantu pemerintah kab/kota untuk dapat meningkatkan kapasitasnya dalam penyusunan RAD-AMPL sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat memiliki kebijakan mengenai Air Minum dan Penyehatan Lingkungan baik yang berbasis lembaga maupun yang berbasis masyarakat.

lokalatih penyusunan 4Lokalatih yang dilaksanakan selama empat hari ini diisi beberapa materi antara lain: Kebijakan Pencapaian Air Minum dan Sanitasi dalam RPJM 2014 2019 oleh Eko Wiji Purwanto, Kasubdit Air Minum dan Air Limbah Perkim Bappenas. Fungsi dan Kedudukan RAD-AMPL dalam Perencanaan dan Penganggaran Daerah oleh I Nyoman, Waka CPMU Bangda.

Dalam acara ini juga ada sesi diskusi, dimana para peserta dibagi dalam beberapa kelas yang dipandu oleh LG/PC/TC, sehingga peserta lebih fokus menyerap materi. Dalam kelas ini, peserta langsung praktek menyusun RAD-AMPL mulai dari identifikasi masalah, membuat rancangan matriks program, sehingga dalam lokalatih ini dihasilkan Draft RAD-AMPL yang nantinya akan disempurnakan di daerah.

Pada kesempatantersebut, peserta membuat rencana tindak lanjut, dengan kegiatan pertama yang harus dilaksanakan setelah lokalatih ini adalah sosialisasi penyusunan RAD-AMPL di daerah dengan target RAD-AMPL sudah harus disahkan dengan Peraturan Bupati pada Maret 2015.

Waka CPMU Dirjen Bina Bangda, I Nyoman menyampaikan agar RAD-AMPL ini bisa terlaksana sesuai target yang sudah dibuat di rencana tindak lanjut, dan koordinator kabupaten diharapkan dapat mendampingi penyusunan RAD-AMPL sehingga penyusunan di tingkat kab/kota dapat berjalan dengan baik. (Muliardy Banun Koordinator Kabupaten Bekasi-Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :